Logo Baru, TVRI Tinggalkan Kesan “Usang”

Sejak tahun 1962, ini logo kedelapan TVRI.

0
582
views
Logo baru TVRI. Sumber foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Penantian panjang itu akhirnya usai. Malam kemarin, Jumat 29 Maret 2019, pukul 19.00 WIB, logo baru TVRI diluncurkan. Bertempat di auditorium TVRI, acara berlangsung meriah dan turut diwarnai sajian lagu-lagu dari musisi papan atas negeri ini.

Pergantian logo TVRI sudah dilakukan sejak awal bulan Maret 2019. Melalui Direktur Utama, Helmy Yahya, serta Direktur Program dan Pemberitaan, Apni Jaya Putra, keduanya mengunggah video ancang-ancang logo baru TVRI di akun Instagramnya masing-masing.

Kisi-kisi logo baru dari keduanya identik. Membawa bentuk bulat dan menjunjung sisi kesederhanaan, tapi dengan karakter kuat. Desain-desain sederhana memang sedang menjadi tren di kalangan generasi muda saat ini, dan TVRI berusaha menjangkau para millennial salah satunya dengan logo baru ini.

Di logo baru TVRI, huruf T, V, R, dan I dibuat lebih tegak dibandingkan logo sebelumnya. Mirip dengan logo di mobil VTR TVRI yang dipakai di Asian Games 1962 sampai tahun 1971, hanya saja di logo baru ini tulisannya berwarna biru dan putih.

Kemudian untuk bentuk bulat yang menjadi perhatian utama di teaser unggahan Helmy Yahya dan Apni Jaya Putra, ditempatkan mengelilingi huruf RI dengan latar belakang berwarna biru. Selanjutnya, TVRI melengkapi peluncuran logo baru ini dengan tagar #mediapemersatubangsa.

Peluncuran logo baru TVRI malam ini sekaligus menjadi catatan sejarah, karena merupakan logo kedelapan sejak pertama kali mengudara di tahun 1962. Selain itu, dengan pergantian logo ini juga membuat logo ketujuh menjadi yang terlama ketiga di pakai TVRI, yakni selama 12 tahun.

Rekor pemakaian logo TVRI terlama masih dipegang oleh logo ketiga TVRI (17 tahun, Agustus 1982-Agustus 1999). disusul logo pertama TVRI (16 tahun. Agustus 1962-Agustus 1978).

Sebelum ini, TVRI sempat dua kali memakai logo berbentuk layar televisi yang bertuliskan “tv’” di dalamnya, diikuti “ri” di sebelah kanan. Logo itu dipakai di 1962-1978 dan diperbarui pada 1978-1982. Kemudian di logo ketiga (1982-1999) menjadi cikal bakal bentuk huruf TVRI seperti sekarang, yang kala itu masih dikemas di dalam bentuk segi lima.

TVRI kemudian mulai meninggalkan sentuhan bentuk-bentuk pada logo keempatnya di 1999-2001, dan hanya mencantumkan inisial huruf TVRI. Konsep seperti ini tetap dipertahankan di desain-desain berikutnya seperti logo kelima (2001-2003), logo keenam (2003-2007), dan logo ketujuh (2007-sekarang).

Logo baru TVRI diyakini akan membuat wajah TVRI semakin modern dan meninggalkan kesan usang yang selama ini melekat dalam diri TVRI.

[Penulis adalah seseorang yang tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola. Penulis di Good News From Indonesia]

Artikel "Logo Baru, TVRI Tinggalkan Kesan "Usang" merupakan konten kolaborasi dengan Good News From Indonesia. Konten serupa bisa dilihat di sini

(Visited 433 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here