“Fearless”, Lontaran Ambient Miftah Bravenda

Simak “Fearless” di platform music digital favorit. Temukan jejak menariknya

0
30
views
Miftah Bravenda, musisi dan produser asal Banten baru merilis single “Fearless”. Foto : dok.Miftah Bravenda
  •  Artikel : Anggitane
  • Hening tengah memilin waktu yang berjalan, bertahun-tahun tak berkesudahan. Sementara aura menjadi tanda cahaya terakhir diantara kepekatan yang mencekat.

    Tersandera ketakutan yang amat sangat, sesaat sebelum akhirnya cahaya menemukan keberanian untuk mematahkah keheningan. Lantas mereduksi menjadi healing yang memadai.

    Sebuah pencapaian misi yang sempurna, sebagaimana tambataan pendengaran saya pada ambient music besutan musisi dan produser Miftah Bravenda.

    Tubuh dan pikiran seketika bereaksi menjadi lebih tenang, damai. Merasa perlu mengejar cuaca mendung lengkap dengan hujan misteriusnya.

    Baca juga : Laju Ska Satu Dekade “Matahari Rudeska Rainytown”

    Benak terampil musisi asal Banten ini masih berkutat pada misi ambient penuh balutan electronic ala dirinya selama ini. Single terbarunya yang bertajuk “Fearless” telah mengudara diruang-ruang musik digital sejak 22 Maret lalu. Tak berjauhan dengan “Moon Healing” yang dirilisnya awal November tahun lalu.

    Narasi musik penciptaan seorang Miftah Bravenda memang kaya dengan unsur hiruk-pikuk kehidupan manusia. “Fearless” dituturkan sebagai representasi manusia melawan ketakutan.

    Seringkali manusia dihadapkan pada dua atau lebih pilihan, tak jarang harus membenturkan diri pada ketakutan menentukan pilihan itu.

    Unsur ambient yang dibawakan oleh Miftah Bravenda menjadi latar bagi khalayak untuk melakukan perenungan, melawan rasa takut dan beradaptasi dengan keberanian. Keberanian untuk menuliskan romansa cerita baru.

    Fearless” merupakan sebuah rangkaian dengan niatan muara pada album Miftah Bravenda berjudul “Comforting Presence”. Album yang diwacanakan akan rilis pada akhir tahun ini.

    Baca juga : “This Time”, Pereda Kobaran Kesekian dari Mery Celeste

    Proses penemuan “Fearless” telah bermula saat Miftah Bravenda menyimak salah satu lagu Mogwai yang berjudul White Noise dalam album Hardcore Will Never Die, But You Will. Mengutip latar belakang dari lagu ini ia akhirnya membuat “Fearless” dengan electronica downtempo yang manis dan mengawang saat didengarkan khalayak.

    Mengukir cara berlaku Miftah Bravenda memoles karya-karyanya, ia konsisten menggandeng seniman lain untuk mempresentasikan lagunya menjadi sebuah artwork.

    Annisa Faraz Izdihar, seorang seniman ilustrasi asal Serang yang menetap di Jakarta, adalah sosok perempuan yang mengerjakan ilustrasi pada single kali ini.

    Karya ilustrasi khas mahasiswa dari Desain Komunikasi Visual Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini kerap kali identik dengan nuansa abstrak. Sangat tepat Miftah Bravenda memilihnya untuk garapan artwork.

    Polesan menarik lainnya, “Fearless” telah melakukan proses perekaman dan mixing di Are You High? Soundlab, dan mastering di Berlin, Jerman oleh Mark Bihler di Calyx Mastering.

    Baca juga : Deep Sea dari Kedalaman Rasa Mery Celeste

    Jika proses penciptaan “Fearless” digarap dengan serius, berikut segala keistimewaannya. Rasa-rasanya album penuhnya akan sangat layak dinantikan.

    Ya…musik Miftah Bravenda pada akhirnya menjadi jembatan bertahan, setelah jenuh dengan post-rock balutan itu-itu saja. Dalam “Fearless” ada pesan yang berbeda.

    Tak percaya ? coba saja simak “Fearless” di platform music digital favorit. Temukan jejak menariknya.

    [penulis adalah petani serabutan dan berdagang di @tanigadungan]

    Artikel "“Fearless”, Lontaran Ambient Miftah Bravenda" merupakan konten kolaborasi dengan HujanMusik!. Konten serupa bisa dilihat di sini

    (Visited 9 times, 1 visits today)
    Please follow and like us:
    error

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here